Blue Ocean Strategy

Secara singkat Blue Ocean Strategy bisa diartikan sebagai beda dari yang lain, unik atau memiliki nilai lebih (pendapat saya lho).

Coba perhatikan betapa banyak usaha yang sejenis begitu menjamur dan hampir tidak ada bedanya antara satu dengan yang lain. Contohnya pedagang gorengan.

Saat muncul begitu banyak pedagang gorengan, lama kelamaan yang timbul adalah persaingan harga, rebutan tempat jualan, dsb. Kondisi dimana banyak terdapat usaha yang sejenis dan tidak ada perbedaan yang unik ini disebut Red Ocean.

Mengapa disebut Red Ocean, karena masing-masing pedagang atau pengusaha akan bersaing ketat bahkan saling membunuh sehingga membuat “merah” peta persaingan.

Coba kita terapkan pola pikir Blue Ocean pada kasus pedagang gorengan tadi dengan membuat usaha gorengan ini jd unik. Misal

1. Gorengan khusus ketela plus bumbu crispy (seperti Tela Krezz)

2. Gorengan khusus tahu isi. Isi tahunya beraneka ragam seperti daging, bakso, ayam, dsb

3. Gorengan Jamur Crispy.

4. Ikan Balita Goreng di Bogor, dll

Intinya, usaha kita harus lain dari yang lain. Apabila kita bisa membuat usaha yang lain dari yang lain, dijamin deh walaupun letaknya di ujung jalan nan muacett…tapi pasti diburu orang !

Work smarter don’t work harder

salam,

Indra Harjanto.

One Response to “Blue Ocean Strategy”

  1. Sukses Berkat Nama « Usaha Modal Nekat Says:

    […] aat bila usaha atau produk yang dibuat banyak memiliki pesaing. Ingat konsep blue ocean strategy ? […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: