Usaha Modal Kecil : Es Tiga Rasa !

Halo teman-teman, selamat pagi-siang-atau malam!🙂 Ide kali ini gak jauh dari soal makanan. Penulis dapatkan ispirasinya dari jalan-jalan, lihat langsung dari pelaku usaha yang sudah berjalan dan berhasil. Intinya ide usaha yang akan dipaparkan adalah membuka kafe/warung khusus es (minuman segar/dingin), TIGA RASA.
Kafe ini bisa dijalankan di sebuah tenda (kita beli/sewa) di pinggir jalan, atau di ruang garasi, atau di kios kontrakan. Sebaiknya lokasinya strategis, tempat dilewati banyak orang atau lalu lalang kendaraan. Coba cari dulu ya!
Berikutnya modal peralatan yang kita butuhkan adalah: meja kursi untuk pembeli, perkakas dapur untuk olah masakan, dll. Untuk penyajian cukup di sebuah gelas besar yang tahan es. Sedangkan untuk berjualan, kita butuhkan 3 bak kaca bersih yang lumayan besar (ukuran sekitar 40cmx30cmx40cm) untuk wadah dagangan utama kita. Bak pertama diisi dengan es alpukat, bak kedua diisi dengan es campur (campuran nanas, nangka, pepaya, cendol atau rumput laut), bak ketiga es kelapa muda. Untuk penambah rasa, siapkan sirop dan susu kaleng putih/coklat. Oh ya, sebagai pemanis utama, jangan gunakan gula sintetis, pakai aja gula pasir. Ehmm … segaar kan.
Sasaran usaha: masyarakat yang sedang kehausan atau cari tempat tongkrongan atau pingin mampir.
Cara promosi : pasang spanduk besar di depan/atas tenda, pakai bahasa provokatif !!! misal: Kafe Tenda Depok, Es Tiga Rasa, Pakai Gula Asli Lho!🙂
Soal modal, kayaknya gak terlalu besar kan. Usaha bisa dijalankan sendiri, bisa juga posisi kita sebagai investor. Soal SDM bisa nyari dari tetangga yang lagi nganggur, atau temen sekampung, se-RT, bekas satu sekolah, dll. Gimana, mau coba! Coba aja.
NB : Boleh juga sering bereksperimen, mencari rasa/ramuan/resep es spesial yang unik atau aneh tetapi tetap lezaaaat!

6 Responses to “Usaha Modal Kecil : Es Tiga Rasa !”

  1. zain Says:

    bisa minta analisis usahanya gak pak/buk?
    kyknya pengen nyoba nih

  2. wika Says:

    saya ingin membuka usaha.kira-kira bagaimana caranya dan berapa besar modal yang akan dikeluarkan??

  3. yuni Says:

    klu yg tinggal di sorong/ irian, buah2 sulit
    klu cuaca sangat mendukung untuk jualan usha ini.

  4. ucuy Says:

    wah… boleh juga tuh dicoba..

  5. hesty Says:

    lumayan tertarik c..
    cuman nyari tempatnya yg susah.
    dapet tempat, rame dilewatin kendaraan, malah ada pabrik makanan.
    tapi karyawannya udah dapet makan dari dlm.
    jadi yg makan diluar cuman 1 ato 2 orang.
    klo cuman minum aja bisa laku ngga ya???
    mungkin harus dari desain nya gitu??
    soalnya tempatya dihalaman gudang kain.
    jadi org2 pada segan klo mau masuk.
    itu c menurut survei..

  6. aferma Says:

    pak/buk saya saaaaangat tertarik dengan bisnis ini, tapi saya masih pelajar. bisa nggak bapak/ibu jadi ortu anngkat saya untuk memodali saya. please……………………………………………………………………………..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: