Usaha Cuci Motor Nan Kian Mengkilap

cuci motor

cuci motor

Usaha ini tergolong mudah dan hanya membutuhkan modal relatif sedikit. Apalagi jika kita memiliki rumah dengan halaman luas dan bertempat strategis.

Apa Pengetahuan dan Keterampilan yang dibutuhkan ?

1. Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya

2. Pengetahuan umum tentang sepeda motor. Terutama bagian mesin yang tidak boleh terkena air

3. Pembukuan sederhana. Untuk mencatat modal awal, operasional bulanan dan pendapatan

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha Cuci Motor ?

1. Tempat dengan luas minimal 3 x 4 m untuk kapasitas 2-3 motor berjajar

2. Alat operasional : Pompa Air, Kompresor, sabun/sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), pengilap cat motor, semir ban dan kuas untuk mengoles semir ban

paket-peralatan-cuci-motor

paket-peralatan-cuci-motor

3. Tenaga kerja. Minimal 2-3 orang. Salah satu sebagai koordinator untuk melayani pembayaran dari konsumen dan pencatatan di buku administrasi.

Sebelum memulai usaha Cuci Motor berikut beberapa kunci sukses yang harus diperhatikan.

1. Lokasi usaha harus strategis dan nyaman bagi konsumen untuk menunggu. Jangan takut dengan kompetitor, cobalah berpikir dari sudut pandang konsumen..tempat Cuci Motor seperti apa sih yang paling ideal ? tentu harus mudah ditemukan, tempatnya bersih, tempat menunggunya (kursi, meja) nyaman, mungkin bisa disediakan tv, dsb.

2. Cari dan latih tenaga kerja agar tetap semangat dan rajin bekerja. Jaga tingkah laku para pekerja agar tetap sopan dan berhati-hati dalam mencuci motor agar tidak timbul komplain motor jadi baret atau ada bagian yang rusak.

3. Terapkan sistem gaji pokok dan incentive bagi pekerja. Hitung incentive berdasarkan jumlah motor yang mereka kerjakan agar para pekerja terus semangat dalam mencuci motor.

4. Perhatikan jam kerja dan waktu istirahat makan para pekerja. Untuk menghindari sakit yang umum terjadi yaitu masuk angin…simpel sih, tapi kalau salah satu saja pekerja ada yang sakit pasti operasional usaha jadi kacau balau.

Nah, untuk membuat tambah yahuud n mantap…ada juga tips Promosi yang bisa membuat orang berbondong-bondong datang ke tenpat usaha anda.

1. Pertama n yang pasti buat papan nama atau spanduk (sebaiknya yang berbahan plastik) yang mencolok. Buat nama usaha Cuci Motor anda se-unik mungkin. Contoh : GP Motor Wash, Rossi Kumbah Motor, Cuci Motor Express 20 Menit

2. Tawarkan hal yang unik..yang membedakan usaha Cuci Motor anda dengan yang lain. Contoh : tambahan fasilitas semir ban, pengkilap jari-jari motor, jaminan cuci motor 20 menit selesai, dll

3. Buat aneka promosi untuk menarik konsumen baru. Seperti setiap orang yang datang sebelum jam 9.00 akan mendapat diskon 50% cara ini ampuh untuk menarik orang agar mencucikan motornya pagi-pagi sehingga orang lain akan melihat dan berpikir…wah, tempat Cuci Motor ini pagi-pagi sudah penuh dan ramai..pasti layanannya bagus, kapan2 nyoba ahh..

4. Kerjasama dengan institusi atau jaringan komunitas seperti…FIF (kredit motor) tiap orang yang kredit motor dapat potongan harga atau gratis cuci motor 1 kali, sebarkan promo gratis cuci motor/potongan harga kepada pekerja pabrik, dll

5. Buat seragam untuk karyawan anda. Jangan tanggung-tanggung, buat seragam yang cukup bagus..jangan cuma kaos oblong doang..kenakan juga sepatu boot dan sarung tangan. Seragam dapat meningkatkan rasa percaya diri dan rasa memiliki karyawan. Selain itu konsumen juga akan bertambah yakin karena usaha cuci motornya terkesan keren dan rapi

Usaha Cuci Motor ini juga bisa “ditumpangi” oleh usaha aji mumpung lainnya seperti :

- Menjual aksesoris motor : helm, sarung tangan, stiker, masker

- Jasa ganti oli dan servis motor

- Makelar jual beli motor second (untungnya juga lumayan lhoo)

- Jualan makanan ringan dan minuman (Teh Botol, Aqua) untuk konsumen yang sedang menunggu

Analisa Finansial
Modal Awal
Sewa Tempat 5,000,000
Renovasi Tempat 2,000,000
Peralatan 5,000,000
Total 12,000,000

Biaya Operasional
Gaji Pegawai 3 orang @ Rp. 500.000,- 1,500,000
Listrik dan Air 500,000
Sabun, sampo dan semir ban 100,000
Total 2,100,000

Pendapatan
1 hari 30 motor @ Rp. 5000,-
1 bulan = 30 hr x 30 x Rp. 5000,- 4,500,000

Keuntungan
Pendapatan – Biaya Operasional 2,400,000

Break Even Point 5 Bulan

About these ads

22 Responses to “Usaha Cuci Motor Nan Kian Mengkilap”

  1. Eko Says:

    bagus banget artikelnya, saya sedang merintis usaha cuci mobil….dapet pencerahan nich… thanks ya..

  2. ezra Says:

    Saya tertarik buka bengkel & cuci motor – One Stop Shopping – di Bandung. bisa bantu untuk strategi manajemen & supplyer beberapa perlengkapan? boleh sms saya di 0813 222 56788, nanti saya telpon balik. tks. Ezra – Bandung

  3. anjas Says:

    oke bgt artikelnya,,
    aq rencana mau buka cuci motor..bisa bantu gak untuk manajemen yang bagus dan suplier perlengkapan?
    boleh sms 08563450653(anjas),nanti saya telp balik..thx

  4. adhi Says:

    bos………

    kalo boleh nanya..

    cara mendapatkan sampo salju itu gimana..

    dan apa alat pemakaiannya gimana cara pemakainnya..

    trim’s

  5. eeng Says:

    itu paket cuci yg 6.5 jt itu selengkap itu apa gmana? cara dapetinya? txs

  6. Sumerta Wijaya Says:

    dimana saya bisa mendapatkan paket hemat alat2 cuci motor dan ongkos kirimnya berapa? saya berada di kota Palangka Raya (Kalimantan Tengah)

  7. agus wisnu Says:

    Wah, luar biasa
    Saya pingin buka usaha cuci motor di Denpasar, Bali
    Tolong bantu advive untuk setup dan beli equipment yang paket murah, pemilihan lokasi yang bagus

    Salam,
    Agus Wisnu
    SMS : 08164703724

  8. yunizal , padang Says:

    saya tertarik dengan artikel ini, dan saya ada rencana untuk memulai usaha ini . berapa macam peket alat – alatnya dan tolong kirimkan harga perpaket

  9. Mahfud afandhi Says:

    Bentar lgi gue juga mo bkin usha kya gni sekaligus sparepart n accesories. Tptny di PONOROGO bro..
    Jka punya brng yg bgus2 bsa diti2pin.
    Kontak dsini ya prend
    085655777746 _mohon dukungan dan kerjasamanny_

  10. Suparno Says:

    belinya paket cuci motornya di mana ?

  11. noldy Says:

    thanks ya bt infonya,..sy ama teman lg kepingin buka usaha cuci motor,..untuk bantu teman2 kami yng butuh bayar uang semester…

  12. Jangkrikireng Says:

    Wah…terimakasih banget bung, gue lagi milang
    -miling, enaknya usaha apaan neh, kalo 1 thn
    lagi kena PHK. Ini kali ya…

  13. Mugito Guido Says:

    Ada ulasan paket usaha bengkel motor mas?

  14. Kris iyan Says:

    Wah menarik sekali, pasti bs menarik pelanggan. Cuma skg jarang hjn jadi kebanyakan mtr cuma kotor ringan, jarang mereka mencucinya ke tempat pencucian. Apa ada yg bs bikin hjn hehe.. Becanda. Tp makasih atas ilmunya bagus sekali cara2nya

  15. Michael Says:

    saya tertarik dengan paket murahnya, pa. terus kalo boleh tau untuk membeli paketnya dimana yah pa???? kirim by email : m1cky_xp@yahoo.com
    Thank

  16. ely Says:

    artikel yang sangat menginspirasi..
    bisa bantu untuk strategi manajemen & supplyer beberapa perlengkapan?
    boleh minta nomor telp nya? tolong sms ke 03619683053, nanti saya telp balik..

  17. Hendry Says:

    Menarik mas. Mau tanya nih.. Paket 6.5 jt itu apa maksudnya, mas nya jual paket alat2 itu.?
    Aq tertarik nih.. Ada no HP yang bisa dihubungi.? No HP saya 08993651676.

  18. Edi Says:

    Pak klo kirim ke palembang brp totalnya? Paket ssuai di gambarkan?dtq

  19. wawan Says:

    bos…
    gimana pesan paket peralatan usaha motor?
    tapi, saya kesulitan dalam mencari toko yang bisa menjual paket peralatan usaha cuci motor…
    apakah anda bisa membantu saya dan biaya kirim?
    saya tinggal di kota bima-ntb

  20. henry Says:

    saya menjual mesin steam motor merk sancin, 5,5 Bhp dengan harga 1,8 juta baru, sudah banyak yang pakai, tidak kecewa. harga sama dengar harga glodok jaya, bisa diantar
    harga sudah termasuk 2 stik semprot (1 stik lurus dan 1 stik ujung 45′) selang hisap kwalitas bagus 10 meter, 10 meter selang semprot, oli mesin 1 liter, seal seal cadangan, hubungi via HP 085697858916, 02191625199, 02185322516 (anugrah motor)

  21. Ian Says:

    Gmana dapat peralatan cuci motorny 6,5 jt kalo ada yg tau bisa tolong email ke saya. Saya pengen rintis usaha cuci motor nih

  22. lala Says:

    tolong di emailkan tempat yang menyediakan paket alat cuci motor seperti yg tertera diatas.thaks.alamat email lala.jen83@yahoo.co.id


Comments are closed.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: