Pemilihan Lokasi Usaha

Bingung memilih lokasi usaha ?

Scara umum ada beberapa pendekatan untuk menentukan lokasi tempat usaha. Pertama yaitu mendekati faktor produksi. Faktor produksi disini bisa berupa tenaga kerja, bahan baku atau bahkan faktor alam. Sebagai contoh :

1. Usaha pembuatan kerajinan eceng gondok –> dekat dengan sungai dan merekrut tenaga kerja sekitar

2. Usaha olahan yoghurt/susu –> dekat dengan peternakan sapi/kambing

3. Usaha penyewaaan Banana Boat -> di pantai atau danau (ya iyalaaah..)…dsb

Kedua yaitu mendekati pasar atau konsumen. Untuk pendekatan kedua ini kita harus mencermati dengan tepat siapa sebenarnya target pasar yang hendak dituju. Apakah masyarakat ekonomi menengah atau atas, pekerja atau mahasiswa, ibu-ibu atau remaja putri, dsb. Contohnya sbb :

1.Laundry –> cocok berlokasi di perumahan dengan skala ekonomi menengah dan menengah ke atas atau daerah kos-kosan.

2. Rental Game dan Internet –> bagus di daerah perguruan tinggi (mahasiswa) atau dekat sekolah SMP/SMU

3. Rental arena Futsal –> bagus di dekat perkantoran dan sekolah SMU. Sedang trend di kalangan eksekutif muda untuk main futsal sambil nunggu jam macet pulang :p

4. Warung Makan di kampus atau perkantoran –> terlihat simpel, namun usaha ini sangat menguntungkan karena captive marketnya jelas dan tidak akan pernah sepi pengunjung !.

Selain kedua pendekatan diatas, ada baiknya kita mempertimbangkan hal berikut saat menentukan lokasi usaha, yaitu :

1. Lokasi Usaha sama dengan INVESTASI

Ya ! saya sering menjumpai Apotik-apotik yang sedang berkembang dan mulai dikenal orang namun dua atau tiga tahun kemudian ternyata Apotik tersebut pindah tempat dan alasannya sangat klise karena kontraknya habis !!. Alangkah sayangnya apabila konsumen yang sudah terbiasa dengan apotik tersebut menjadi pindah hanya karena tidak cocok dengan lokasi yang baru.

Usahakan hitung ulang modal anda untuk mulai membeli lokasi usaha baik dengan sistem kredit atau cash. Hal ini memang akan membebani cash flow pada tahun-tahun pertama namun yakinlah harga lokasi usaha/properti tidak akan pernah turun dan apabila suatu ketika anda harus menutup usaha malokasi usaha anda bisa menjadi asset yang berharga tinggi untuk dijual.

2. Sehubungan dengan Investasi di atas, maka pilihlah tempat usaha se-STRATEGIS mungkin !.

Mungkin pernah dengar tentang McDonalds? konon “harta karun” mereka sebenarnya bukan dari penjualan burgernya namun dari Investasi lokasi tokonya ditempat-tempat yang strategis di seluruh penjuru dunia !.

Apabila kita memliki tempat usaha yang strategis, maka kemungkinan usaha kita untuk lebih cepat dikenal orang dan lebih cepat maju menjadi 70% lebih besar dibanding lokasi yang biasa saja.

Lebih cepat maju berarti lebih sehat cash flow dan lebih besar keuntungan yang kita dapat. Selain itu bila tempat kita strategis, niscaya hanya dalam 5 tahun, lokasi usaha kita bisa bernilai lebih dari 3x lipat dari saat kita membelinya.

So, tunggu apalagi…realisasikan usaha anda segera !

Salam,

Indra Harjanto

About these ads

2 Responses to “Pemilihan Lokasi Usaha”

  1. khaerul anwar Says:

    wah nampaknya klw tdk dimulai dari sekarang saya bakalan ketinggalan zaman untuk usaha. tlg kirimkan artikel2 ke e-mail saya usaha2 yang prospektif untuk thn 2010.tq

  2. ANTOSUPRI Says:

    askum,ms gimana caranya dapatin semua peralatan itu, bolet ksh tau almtnya gk?makasih sblmnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: